Jumat, 22 Juli 2011

ALIRAN-ALIRAN DALAM PEMIKIRAN KALAM

ALIRAN-ALIRAN DALAM PEMIKIRAN KALAM

A.    Awal Munculnya Aliran-Aliran Islam
1.  Masalah Khilafah (Pemerintahan) merupakan masalah penyebab terjadinya perselisihan yang sangat kuat antar kaum Muslimin, hingga melahirkan cikal-bakal kelompok / aliran-aliran besar dalam Islam
2.  Diantara kelompok tersebut;
1.      Syi’ah; aliran yang berkeyakinan bahwa Sayyidina Ali r.a lebih berhak menjadi khalifah setelah wafatnya Rasulullah SAW
2.      Khawarij; aliran yang tidak sependapat dengan kepemimpinan Sayyidina Ali r.a, dan menyataka keluar dari kelompoknya.
3.      Murji’ah; aliran yang sangat mempelopori untuk menjauhi perselisihan dan pertentangan serta tidak menyatakan memihak diantara kedua kelompok; baik Syiah maupun Khawarij.
3.  Meluasnya dakwah dan ekspansi Islam, melahirkan tradisi dan pemikiran-pemikiran baru yang lahir dari agama lama mereka, kemudian diadopsikan dalam Islam sebagai agama baru mereka.
4.  Munculnya aliran-aliran dalam Islam dapat disimpulkan sebagai akibat dari;
1.      Perselisihan kaum Muslimin dalam masalah pemerintahan (khilafah), yang berangkat dari persoalan politik, kemudian dikaitkan dengan persoalan-persoalan agama.
2.      Perselisihan kaum Muslimin dalam masalah aqidah (keyakinan), khususnya ketika dikaitkan pada masalah pencarian pokok-pokok, asas atau landasan dari agama.

B.     Aliran-aliran dalam Islam
1.      SYIAH
a. Syiah adalah aliran atau golongan yang semulanya merupakan aliran politik, yang muncul dan berkembang disebabkan para penganutnya berkeyakinan bahwa khilafah harus diutamakan dari golongan ahlul bait Nabi Muhammad Saw, sedangkan ahlul bait yang paling berhak untuk diutamakan menjadi khalifah adalah Ali bin Abi Thalib.
b Doktrin Aliran Syiah;
1.      Masalah keimaman (khalifah) bukanlah maslahat umum yang harus diserahkan kepada pandangan umum, namun merupakan bagian dari pokok-pokok agama dan pangkal bagi Islam.
2.      Kekhalifahan harus sesuai dengan wasiat, sebagaimana Rasulullah telah berwasiat menunjuk dan menentukan Ali bin Abi Thalib sebagai pemegang khalifah setelah ditinggal Rasul.
3.      Keyakinan bahwa Imam (pemimpin) sebagai penerima dan pemberi wasiat dari Nabi untuk generasi berikutnya. Imam itu ma’shum, terpelihara dari dosa.
4.      Keyakinan bahwa Ali bin Abi Thalib adalah makhluk paling mulia sesudah Rasulullah SAW. Barang siapa memusuhi Ali, berarti dia memusuhi Allah.
5.      Adanya keyakinan para pengikut Ali yang terlalu berlebihan terhadap Ali bin Abi Thalib, sehingga mengangkatnya sederajat dengan Nabi Muhammad SAW. Bahkan sebagian dari mereka mempertuhankan Ali dengan anggapan bahwa Allah telah bersatu di dalam diri Ali (hulul/inkarnasi).
cMacam-macam Aliran dalam Syi’ah
A.    SYIAH ITSNA ‘ASYARIAH (percaya pada imam dua belas)
1.      Ali bin Abi Thalib (w. 40 H)
2.      Hasan bin Ali (w. 50 H)
3.      Husain bin Ali (w. 61 H)
4.      Ali Zainal Abidin (w. 94 H)
5.      Muhammad Al-Baqir (w. 113 H)
6.      Ja’far al Shadiq (w 148 H)
7.      Musa al-Khadhim (w. 183 H)
8.      Ali al-Ridha (w. 202H)
9.      Muhammad Al-Jawwad (w. 220 H)
10.  Ali al-Hadi (w. 254 H)
11.  Al Hasan al-Askari (w. 260 H)
12.  Muhammad al-Muntadhar (menghilang th 260 H)
B.     SYIAH SHABI’AH (percaya pada Imam tujuh)
Yakni; meyakini para imam di atas sampai no 6 saja, sedangkan Imam ke tujuh  bukanlah – Musa al-Kadhim – melainkan saudaranya, yakni Ismail Ismailiyyah, yang banyak ditemukan di anak benua India dan Pakistan.
C.    SYIAH ZAIDIYAH (percaya pada Keimaman Zaid)
Yakni meyakini sampai imam ke empat saja. Syiah ini sama dengan golongan syiah kedua, menurut keyakinan mereka, imam kelima mereka bukanlah Muhammad al-Baqir, melainkan saudaranya Zaid bin ali zainal abidin. Kelompok syiah ini banyak di Yaman.

BEBERAPA KELOMPOK SYI’AH TERNAMA
1.      Sabaiyyah
2.      Ghurabiyyah
3.      Kaisaniyah
4.      Zaidiyah
5.      Al-Imamiyyah
6.      Isma’iliyyah
7.      Nashiriyyah

2.      KHAWARIJ
a. Khawarij adalah aliran atau golongan yang semula merupakan aliran politik, yang timbul pada masa Syi’ah. Ia muncul dilatarbelakangi oleh sikap para penganutnya yang tidak menyetujui keputusan Majelis Tahkim yang menarik Ali r.a dari Imamah dan menetapkan Mu’awiyah sebagai khalifah.
b. Pokok-pokok Ajaran Khawarij;
1.      Seorang Imam wajib dipilih berdasarkan pemilihan bebas dari kalangan kaum Muslimin.
2.      Imam terpilih tidak dibenarkan mengundurkan diri.
3.      Para penganutnya merumuskan garis-garis keagamaan, bahwa yang dimaksud dengan beriman adalah;
a.      Adanya pengakuan dalam hati
b.      Pernyataan dalam lisan
c.       Pelaksanaan dengan amal perbuatan.
4.      Adanya penetapan bahwa ‘pelaku dosa besar’ adalah ‘kafir’

3.      MURJI’AH
a.   Murji’ah adalah aliran atau golongan yang tidak senang terhadap perselisihan, pertikaian dan pertentangan paham – baik yang terjadi pada tubuh Syi’ah maupun Khawarij –, dimana masing-masing diantara mereka saling mengkafirkan antara satu dan lainnya.
b.   Dalam masalah diatas, golongan Murji’ah lebih mengembalikan hukum tentang apapun masalah yang mereka hadapi kepada Allah, oleh sebab itu, golongan ini dinamakan Murji’ah.
c.   Pokok-pokok Ajaran Murji’ah;
a.      Bagi aliran Murji’ah, kelompok-kelompok yang berselisih masih dapat dikategorikan beriman, karena mereka masih meyakini dua kalimat syahadah.
b.      Iman adalah pembenaran (tasdiq) dan ma’rifatullah (mengenal Allah). Adapun amal perbuatan manusia tidak ada pengaruhnya terhadap nilai iman.
c.       Iman atau keimanan bagi mereka adalah keyakinan yang mantap dalam hati sanubari, sekalipun seseorang tersebut mengucapkan kekufuran dengan lisan, menyembah berhala, maka ia tetap ‘dianggap beriman’.

4.      JABARIYAH
a.   Jabariyah adalah aliran yang berpendapat bahwa manusia dalam segala amal perbuatannya telah ditentukan dan digerakkan serta dijalankan Allah Swt semata-mata dan tidak ada usaha sedikitpun dari manusia. Atau dengan kata lain; Jabariyah adalah paham yang meniadakan kehendak dan amal usaha manusia, melainkan segala sesuatu itu adalah kehendak dan taqdir Allah.
b.  Pelopor yang pertama kali menyebarkan ajaran ini; Al-Ja’d bin Dirham dari Yahudi dan Jahm bin Shafwan.
c.   Pokok-pokok Ajaran Jabariyyah
a.      Surga dan neraka tidak kekal, karena tidak ada sesuatu pun yang kekal kecuali Allah.
b.      Yang dimaksud dengan beriman adalah makrifah (tahu mengerti), sedangkan kekufuran adalah kebodohan
c.       Anggapan Kalamullah adalah baru (hadits), dan dia makhluq

5.      QODARIYAH
a.  Qadariyah adalah aliran atau paham yang meyakini bahwa amal perbuatan manusia adalah kehendak dan diperbuat oleh manusia itu sendiri terlepas dari kehendak dan taqdir Allah.
b.  Tokoh; Ma'bad bin Khalid al-Juhni dari Iraq
c.  Pokok-pokok ajaran Qodariyah:
1.      Mengingkari adanya taqdir Allah
2.      Berlebihan dalam menetapkan adanya qodrat (kemampuan) pada manusia.
3.      Menetapkan bahwa Al Quran adalah makhluk
4.      Manusia bebas berkehendak sesuai dengan amal perbuatannya.
5.      Iman adalah mengenal Allah, dan itu wajib menurut akal.
6.      Syurga dan neraka bersifat fana’, tidak kekal.

6.      Mu’tazilah
a  Aliran ini disebut juga aliran Washiliyah, karena mereka pengikut Washil bin ‘Atha (lahir di Madinah, 80 H – 131 H)
b  Aliran ini muncul disebabkan perselisihan antara Washil bin Atha dengan gurunya Hasan Al-Basyri ketika membahas masalah hukum orang yang melakukan dosa besar.
c  Adapun Mu’tazilah itu sendiri adalah sebuah aliran yang meyakini bahwa pelaku dosa besar tidak disebut mu’min sempurna dan tidak pula disebut kafir, melainkan ia berada dalam suatu tempat diantara dua tempat itu (yakni antara mukmin dan kafir).
d   Ajaran-ajaran pokok Mu’tazilah;
1.      Keesaan (tauhid), mereka meniadakan sifat-sifat bagi Allah, agar tidak menyerupai makhluqNya.
2.      Manusia menciptakan amal perbuatannya sendiri dengan kekuatan yang telah diberikan Allah
3.      Akal dapat mencapai sesuatu yang baik dan jelek, maka pendapat baik dan buruk berdasarkan akal semata.
4.      Al-Quran adalah makhluq, manusia tidak dapat melihat Allah, walaupun di akhirat
5.      Allah mengkehendaki kebaikan dan tidak mengkehendaki kejahatan.
6.      Pelaku dosa besar tidak disebut mukmin dan tidak pula disebut kafir, namun ia berada diantara keduanya.

7.      Ahlus Sunnah Wal Jamaah
a  Ahlus Sunah wal Jamaah adalah salah satu aliran yang berkembang dikalangan umat Islam yang mengidentikkan diri sebagai pengikut para ulama salaf, yakni Abul Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur Al Maturidy.
b  Golongan ini terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu;
1.      Aliran Asya’irah atau Asy’ariyah, yaitu aliran yang mengikuti paham atau ajaran Abu al Hasan Al Asy’ari.
2.      Aliran Maturidiyah, yaitu aliran yang mengikuti paham atau ajaran Abu Mansur Al Maturidy.
c  Dalam masalah aqidah, aliran ini berpegang teguh ayat-ayat Al Quran dan sunnah Rasul. Kemudian menjadikan aqli (logika) sebagai wasilah untuk memahami Al Quran maupun Hadits. Artinya, mereka mempertemukan antara naqli (al Quran dan Hadits) dengan aqli (logika)
d.  Ajaran-ajaran Pokok Ahlus Sunnah;
1.      Tuhan bisa dilihat dengan mata kepala di akhirat
2.      Quran sebagai manifestasi Kalamullah yang qodim, bukan makhluq, adapun quran dan huruf adalah makhluq, huduts.
3.      Iman adalah pembenaran dan amalan adalah penyempurna iman.
4.      Tuhan menghendaki kebaikan dan keburukan.
5.      Tidak ada yang ma’sum, kecuali Nabi.
6.      Ada syafaat pada hari kiamat.
7.      Allah menciptakan perbuatan hamba yang berbentuk ikhtiar.
8.      Ijma adalah suatu kebenaran yang harus diterima.
9.      Kebangkitan adalah jasad dan ruh.
10.  Surga dan neraka makhluq kedua-duanya, semuanya kekal.

Referensi;
v  W. Montgomery Watt, Pemikiran Teologi dan Filsafat Islam
v  Abdul Sani, Lintaasan Sejarah Pemikiran dan Perkembangan Modern dalam Islam
v  A. Hanafi, Pengantar Theology Islam
v  Abdurrachim Nur, Perkembangan Aqidah dalam Islam
v  Abul Hasan Ismail Al Asyari, Prinsip-prinsip Dasar Aliran Theologi Islam

1 komentar:

  1. Casino Tycoon - Mapyro
    Welcome to Casino Tycoon, the place to be if you're into casino 나주 출장샵 gaming. Welcome to Casino Tycoon, the place to be 동두천 출장샵 if you're into casino gaming. 구리 출장마사지 Welcome to Casino Tycoon, 남원 출장마사지 the place to be if 거제 출장샵 you're into casino gaming. Free Slots. Play Now.

    BalasHapus